Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Data Biografi – Siapa yang tidak kenal dengan tokoh inspiratif perempuan berdarah Makassar kelahiran tahun 1977, ialah Najwa Shihab. Seorang perempuan yang kerap disapa dengan sebutan ‘Mbak Nana’ ini terkenal akan pembawaannya yang lugas dan kritis ketika menghadapi narasumber. Anda yang terbiasa menonton berita pastinya tidak akan asing dengan sosok Mbak Nana yang mondar-mandir menghiasi layar kaca televisi, terutama sebagai Anchor atau pembawa berita.

Hal terakhir yang dibuat Mbak Nana dalam acara beritanya, sebut saja Mata Najwa sempat viral di dunia maya. Dimana sosok perempuan tangguh ini mewawancarai bangku kosong sebagai sarkas terhadap Bapak Terawan. Sebab isunya beberapa kali diundang tidak kunjung datang. Bahkan jauh sebelum itu Mbak Nana telah menyabet banyak penghargaan sejak masa SMA dulu. Yang mana salah satunya adalah pernah mengikuti program AFS Amerika Serikat, namun balik lagi ke Indonesia untuk mendirikan karir Jurnalistiknya sendiri. Dan masih banyak prestasi lainnya yang didapatkan tokoh inspiratif perempuan yang masih eksis sampai sekarang ini.

Langsung aja yuk kita cari tahu info lengkap tentang prestasi dari tokoh perempuan satu ini! 

Meraih Gelar Pendidikan di Universitas Terbaik

Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Memang benar jika bidang perkuliahan tidak harus sejalan dengan profesi yang ditekuni. Hal inilah yang terjadi pada Najwa Shihab yang pada masa kuliah dulu mengambil program studi hukum namun ketika lulus lebih memilih menjadi seorang jurnalis profesional yang mana sampai kini masih ia geluti. Putri dari pasangan ulama Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf memilih Universitas Indonesia (UI) sebagai tempat menuntut ilmu dan mendapatkan gelar.

Tentu saja perjalanan Najwa Shihab sebagai seorang jurnalis tidaklah mudah. Melainkan harus memulai semuanya dari bawah yaitu dengan menjadi seorang reporter. Bahkan perlu anda ketahui nama Najwa Shihab semakin naik semenjak dirinya meliput bencana Tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam. Dimana dalam berita tersebut Najwa Shihab memberitakan fakta mengenai ketidaksiapan pemerintah Indonesia dalam menghadapi dan mengatasi bencana itu.

Dari gaya bicara yang lugas, tegas, namun tetap menampilkan sisi humanis itulah yang menyentuh hati para penontonnya. Maka tidak heran jika sejak saat itu Najwa Shihab mulai disukai banyak penggemarnya. Bahkan banyak warga Indonesia yang menganggap bahwa semua berita yang keluar dari mulut seorang Najwa Shihab pasti valid dan bisa dipercaya.

Lebih Suka Terjun Dalam Dunia Jurnalis

Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Karir Najwa Shihab dalam dunia jurnalistik semakin cemerlang dengan dibuatkan program khusus bernama Mata Najwa. Dari sanalah anda bisa melihat banyak narasumber hebat yang diwawancarai oleh sosok perempuan bertalenta tersebut. Bahkan Najwa Shihab juga pernah melakukan wawancara eksklusif dengan Bapak Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Karena kehebatan mewawancarai seseorang itulah Najwa Shihab sebagai seorang jurnalis yang mampu menampilkan isu-isu yang sempat disembunyikan narasumbernya. Sehingga tidak salah jika program tersebut berhasil meraih penghargaan sebagai Program Talkshow Terbaik. Dan tidak tanggung-tanggung dari program itulah muncul buku dengan nama Catatan Najwa. Karena loyalitas dan totalitas dalam bidang jurnalistik itulah karir Nana semakin melesat. Dari mahasiswa aktif, reporter, anchor, host program spesial, asisten produser, dan yang terakhir didapuk sebagai wakil pimpinan redaksi. Tentu saja pelajaran ini mengajarkan kita semua bahwa benar tidak ada proses yang akan mengkhianati hasilnya.

Mendirikan Wadah Karya Jurnalistik, Narasi TV

Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Tidak puas sampai disitu saja karena Najwa Shihab juga mendirikan karya jurnalistik sendiri dengan nama Narasi TV. Bukan cuma sekedar mencari tantangan baru saja, tapi Narasi TV sengaja dibuat untuk mewadahi idealisme Nana sebagai seorang jurnalis yang berpengalaman. Untuk urusan ini Nana memilih Youtube sebagai media baru yang menyalurkan passion-nya. Dari dulu dan sekarang ini Nana tetap konsisten menyuguhkan konten positif yang mendidik.

Mencatat Banyak Penghargaan Bergengsi

Najwa Shihab, Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia

Bagi para penggemarnya sosok Nana adalah inspirasi yang sesungguhnya. Bahkan dari penampilannya yang rapi dan elegan saja kita bisa menilai bahwa Najwa Shihab sosok yang tegas dan berpendirian. Bukan cuma penampilannya yang enak dilihat, tapi Nana telah mencatat sejarah sebagai sosok wanita dengan penghargaan bergengsi paling banyak dalam dunia jurnalistik, apalagi Nana sudah berkarir sangat lama dari 18 tahun lalu. Jadi sudah sepantasnya bila Najwa Shihab mendapatkan banyak penghargaan bergengsi.

Debutnya sebagai jurnalis yang berani menampilkan sisi berbeda dari liputan Bencana Aceh waktu lalu. Berhasil menorehkan prestasi sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV tahun 2006. Yang mana penghargaan tersebut diberikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan PWI Jakarta Raya. Selain itu Najwa Shihab juga berhasil meraih banyak penghargaan dalam negeri lainnya sebagai pembawa berita dan presenter talkshow terfavorit.

Nana pernah memenangkan piala Panasonic Global Awards tahun 2015 untuk kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavorit. Prestasi Nana di luar negeri juga tidak kalah mengagumkan. Sebab Majalah Forbes dan Elle memberikan penghargaan kepada Nana sebagai Most Progressive Figure pada 2015 dan The Influential Women of The Year.

Perjalanan hidup Najwa Shihab menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia kalau perempuan tidak melulu harus soal dapur saja. Buktinya saat ini juga sudah banyak kisah hebat perempuan lainnya yang mencetak beberapa penghargaan sebagai orang terkaya dengan uang triliunan.

Sampai jumpa.